11 April 2012

Bisnis Besar dan Menguntungkan, Dimanakah Engkau Berada?


.
Ok, tema kali adalah tentang bisnis apa yang bisa berkembang menjadi besar dan terus menghasilkan keuntungan. Pertanyaan tentang “bisnis apa yang bisa besar dan menguntungkan” selalu saja menjadi“hot question” bagi orang yang ingin memulai bisnis.
Awal mencari-cari ide bisnis apa yang bisa besar dan menguntungkan. Mulai dari buka usaha di halaman rumah hingga merancang usaha cuci motor. Waktu itu semuanya nampak seperti bisnis yang kecil.
Menurut Robert T. Kiyosaki, masalah bisnis besar atau tidak itu tergantung dari spektrum anda.
Anda tahu spektrum? Spektrum adalah cara pandang anda terhadap sebuah bisnis atau usaha. Anggap saja anda sedang menggeluti usaha bandeng presto. Bagaimana cara pandang anda terhadap usaha tersebut?
Apakah anda ingin usaha bandeng presto yang biasa-biasa saja atau usaha bandeng presto yang menggurita? Anda paham kan maksud saya? Saya beri contoh. Anda tahu burger McDonalds? Awalnya, McDonalds hanya punya satu gerai.
Sekarang anda bisa lihat, ada puluhan bahkan mungkin ratusan gerai McDonalds tersebar di dunia. Bandingkan dengan usaha burger lokal di tempat anda. Bisakah usaha tersebut menyaingi McDonalds? Kemungkinan besar tidak kan?
Saya tidak menyuruh anda untuk mempunyai mimpi setinggi langit dengan membuka usaha seperti yang Ray Kroc, si pendiri McDonalds lakukan.
Atau saya menyuruh anda menggunakan leverage dengan mewaralabakan usaha anda. Tidak! Yang saya ingin sampaikan adalah, anda harus tahu spektrum usaha anda.
Walaupun usaha anda hanya “jualan krupuk”, tetap saja usaha anda bisa besar. Usaha krupuk tersebut tergantung spektrum anda. Apakah anda hanya ingin jualan krupuk dengan 2 orang tenaga penjualanyang masuk di tiap gang-gang. Atau anda ingin usaha krupuk anda mempunyai agen yang tersebar se-Indonesia Raya.
Memang benar jenis usaha termasuk faktor yang harus anda perhatikan dalam memilih usaha. Misalkan di tempat anda sudah penuh sesak usaha laundry. Pasar usaha tersebut terlihat sudah jenuh. Anda berencana untuk mencari usaha yang lain yang lebih menggiurkan sekaligus lebih kecil resikonya seperti bisnis internet misalnya.
It’s okey, no problemo… gak ada masalah. Sah-sah saja pilihan anda. Saya juga akan menyarankan hal yang sama. Tapi setelah itu, perhatikan selalu spektrum anda. Karena besar kecilnya usaha anda tergantung spektrum anda. Tentunya dengan ijin  Allah SWT.
Dan perlu anda ketahui, di Jogja ada pengusaha udang namanya Mang Engking. Beliau adalah seorang perantauan dari Sukabumi. Awalnya beliau hanya membuka beberapa kolam. Sekarang beliau mampu menjual lebih dari 8 ton tiap satu bulannya dan sudah mempunyai restoran yang disukai Ahmad Dhani. Jelas kan?
Tapi ingat, spektrum selalu membutuhkan konsekuensi, yaitu rencana bisnis matang dan…bertindak! Percuma anda punya spektrum tinggi tapi tidak punya perencanaan bisnis yang matang. Anda bisa lihat artikel saya tentang bahaya meremehkan perencanaan bisnis.
Begitu juga jika anda punya spektrum bisnis yang besar berikut rencana bisnis yang super matang, tapi anda tidak bertindak… Sama juga bohong. Jadi dua-duanya harus anda lakukan. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana spektrum anda?
Salam Cerca trova - man Jadda wa jada
(sumber gambar : teguhtulipe.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar