10 April 2012

Menghitung Kondensator Seri



Menghitung Capasitor Serial

membahas tentang Capasitor, Sebuah capasitor pada dasarnya terbuat dari dua buah lempengan logam yang saling sejajar satu sama lain dan diantara kedua logam tersebut terdapat bahan isolator yang sering disebut dielektrik. Dalam Ilmu Elektronika komponen seperti resistorcapasitor dan transistor sangat penting dan sering mendominasi dalam sebuah perangkat elektronika

Di bawah adalah salah satu contoh fhoto sebuah capasitor, dengan nilai yang cukup besar.
Seperti yang kita ketahui bahwa pemasangan capasitor dalam sebuah rangkaian memiliki beberapa kombinasi diantaranya pemasangan secara parrallel, pemasangan secara serial dan pemasangan secara serial-parallel. Berikut kita akan mencoba menghitung sebuah rangkaian capasitor yang dipasang secara serial. Perhatikan gambar berikut :



Pada gambar di  bawah dapat kita lihat sebuah rangkaian yang terdiri dari tiga buah capasitor. 







Ketiga capasitor tersebut dipasang secara serial dan untuk menemukan nilai capasitor pengganti atau nilaicapasitansi dari ketiga capasitor tersebut dapat kita gunakan persamaan :

1/Ct = 1/C1 + 1/C2 + 1/C3

Diketahui :

C1 = 10 p
C2 = 20 p
C3 = 30 p
Maka :

1/Ct = 1/10 + 1/20 + 1/30
1/Ct = 6/60 + 3/60 + 2/60
1/Ct = 11/60
Ct = 60/11 =  5.45 p

Setelah kita hitung secara seksama dapat kita ketahui bahwa nilai total dari Capasitor serial tersebut adalah sebesar 5.45 p. 

Persamaan yang di pergunakan dalam menghitungan capasitor serial sama dengan persamaan yang digunakan untuk menghitung resistor parallel.






















































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar