17 Maret 2012

Tips Belajar PLC Untuk Pemula
 Maret 12, 2012 Posted by Budimanto

Programable Logic Controller (PLC).
..........Saya baru belajar PLC, sebaiknya saya mulai belajar dari mana? pertanyaan ini seringkali kita ucapkan... Semoga coretan kecil  saya ini bisa memberi sedikit pencerahan. Sahabat sekalian, setiap orang yang sekarang disebut ahli awalnya juga disebut tidak bisa tak terkecuali programmer PLC. Seorang ahli automation, control system ataupun apalah namanya diakui atau tidak dulunya juga tidak bisa baru setelah melalui proses belajar mereka bisa menjadi ahli dan proses belajar inilah yang harus kita tempuh untuk menjadi seorang ahli juga.
Jika belajar itu merupakan proses yang harus dilalui, lalu harus dimulai dari mana? Pada dasarnya belajar bisa dimulai dari mana saja, namun untuk memudahkan pemahaman mulailah dari yang dasar sebab yang dasar itu adalah pondasi untuk belajar selanjutnya. Dalam konteks belajar PLC bisa mulai belajar PLC dari konsep dasar PLC kemudian pilih satu merek/tipe terlebih dahulu misalnya Allen bradley untuk dipelajari, dan juga bisa belajar pengertian PLC dari sini :


http://duniakarya.wordpress.com/2009/10/08/pengertian-plc-programmable-logic-controller/ 


http://duniakarya.wordpress.com/2009/08/21/merek-dan-type-plc/ 


http://duniakarya.wordpress.com/2011/02/15/tutorial-plc-bagian-3-bahasa-pemrograman-plc/

Setelah menentukan salah satu tipe PLC, anda bisa melanjutkan belajar tentang konsep dasar dari tipe PLC yang mau anda pelajari tersebut, misal PLC Allen bradley Controllogix. Pelajari hardware serta software yang digunakan sebab setiap PLC punya hardware dan software yang berbeda. Anda bisa belajar salah satunya dari artikel ini :


http://duniakarya.wordpress.com/2010/02/15/tutorial-allen-bradley-bagian-1-dasar-rslogix5000-for-controllogix/.

http://duniakarya.wordpress.com/2009/11/02/uploading-downloading-and-going-online-to-a-logix5000-controller/

Setelah mengetahui pengertian PLC serta tahu tentang konsep dasar salah satu PLC baik software maupun hardware anda bisa melanjutkan untuk belajar intruksi-instruksi yang digunakan dalam softaware tersebut. Mulailah dari intruksi-intruksi dasar terlebih dahulu misal intruksi bit, timer counter math dll. Setiap software PLC punya instruksi tersendiri, namun konsepnya sama seperti intruksi bit, timer counter math dll. Hampir semua software PLC punya intruksi-intruksi tersebut meskipun dengn simbol yang berbeda. Anda bisa belajar salah satunya dari artikel ini :


http://duniakarya.wordpress.com/2011/10/16/tutorial-rslogix-500-1-instruksi-compare-perbandingan/

Langkah selanjutnya anda bisa belajar tentang komunikasi antara software dengan hardware PLC. Pada tahap ini anda harus memahami istilah upload, download serta bagaimana caranya setting komunikasi. Anda bisa belajar dari artikel berikut :


http://duniakarya.wordpress.com/2011/02/16/tutorial-omron-bagian-1-upload-dan-download-program-plc-omron/

http://duniakarya.wordpress.com/2009/10/14/menghubungkan-rs-logix-5000-%E2%80%93-rs-linx-%E2%80%93-rs-logix-emulate-5000/

Setelah memahami intruksi-intruksi dasar serta tahu cara setting komunikasi, selanjutnya anda bisa mulai latihan buat program-program sederhana dari intruksi-intruksi yang sudah anda pelajari. Anda bisa mulai buat latihan yang mudah terlebih dahulu. Jika masih bingung bisa lihat contoh berikut :


http://duniakarya.wordpress.com/2011/02/15/project-allen-bradley-bagian-3-simulasi-level-control/ 


http://duniakarya.wordpress.com/2011/11/20/program-plc-start-stop-motor/

Jika anda tidak punya software untuk belajar anda bisa download sendiri softwarenya lewat link berikut :

http://duniakarya.wordpress.com/2011/11/20/download-link-rslogix-micro-starter-lite-untuk-micrologix-1000-dan-1100/ 
Cara yang paling cepat untuk belajar PLC adalah dengan banyak latihan serta melihat contoh-contoh program yang sudah jadi. Ingat, anda akan mudah lupa jika anda jarang pengang PLC. Semoga coretan alakadarnya saya diatas dapat membantusiapa saja yang baru mulai belajar PLC.
Tidak ada kata terlambat dalam belajar.
Belajar bisa darimana saja, dari siapa saja dan dimana saja.
Jangan takut atau malu belajar dari yang lebih tahu, jangan malas diskusi/sharing dengan teman yang sama-sama mau tahu, jangan pelit untuk berbagi pengetahuan pada mereka yang belum tahu.

Salam - cerca trova – man JADDA wa JADDA

Regard_budimanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar